kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penetapan Harga Jual Jasa

Universitas Negeri Jakarta, 11 Mei 2011

Kompetensi 10. Menganalisis Kebijakan Harga Jual Jasa Pendidikan

Perkuliahan kali ini dimulai kembali setelah beberapa hari libur, Bpk. Amril Muhammad, SE., M.Pd. selaku Dosen Mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Beliau akan menjelaskan tentang Kebijakan Harga Jual Produk. Berikut penjelasan yang dapat saya sajikan.

       Price (Harga) adalah sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh sebuah barang/ sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari pemilikan  atau pengguna jasa.

Ada dua faktor yang mempengaruhi price dalam suatu produk, diantaranya:
Internal Factor, yaitu:
a.    Cost (Harga Pokok)
Cara menghitungkan cost
        = BB + TKL + OH + LABA/unit
Misal: 1000 unit (product)
        Bahan Baku                 : Rp 10.000.000,-
        Tenaga Kerja Langsung: Rp   2.000.000,-
        Biaya OverHead          : Rp      500.000,-
        Jumlah                       : Rp 12.500.000,-                                        
        Laba 20% (yg dhrpkn)  : Rp   2.500.000,-
                                Rp  15.000.000,-
Price=(Rp 15.000.000)/(1000 unit) = Rp 15.000,-

b.    Marketing Mix Strategy
c.    Marketing Objectives
d.   Organizational Consideration (Pertimbangan Organisasi),dipengaruhi oleh hal-hal berikut:
1.     SDM
2.    Produk/ Kemasan/ Outlet
3.    Coverage (Jangkauan)

Eksternal factor, yaitu:
a. Market
1.     Pure Competition, misal sekolah
2.    Monopoly, misal PLN
3.    Oligarchy, pada sekelompok perusahaan yang dalam penetapan harga ditetapkan bersama, contohnya: Air Gelas Rp 500,-

b. Demand, yaitu kekuatan permintaan
Jika permintaan naik, supply produk tetap, Price akan naik
Jika permintaan turun, supply produk tetap, Price mengalami penurunan

c. Competitors
d. And, Other Eksternal Faktor example:
1.     Politik
2.    Social, adanya kebebasan menjual produk ditempat-tempat tertentu
3.    Hukum, misal: apakah produk yang dijual halal?
4.    Ekonomi

Pendekatan dalam menentukan harga (Pricing)
1)  Cost Based Pricing
Dilihat dari HPP+Laba, semakin banyak barang yang diproduksi, maka harga akan semakin murah.

2)  Value Based Pricing
Dilihat dari kelompok konsumennya, misal segmentasi untuk kalangan orang kaya dapat menjual barang di counter, mall’’.

3)  Competition based Pricing
Adanya pesaing dengan produk yang sama dalam satu tempat.

Price Adjustment Strategies
1)  Diskon (potongan harga) dan Allowance (tukar tambah)

2)  Segmented Pricing
Tergantung suatu kelompok dalam pemilihan merek produk misal sama Motor Hondanya tapi jenisnya beda ada Supra X, Vario Techno.

3)  Psychological Pricing
Harga produk Rp 4988,- akan terasa lebih murah daripada Rp 5000,-. Selain itu adanya informasi harga dari seseorang.

4)  Promotional Price
Adanya pameran buku dan belanja ke outlet” yang sedang diskon.

5)  Geographic Price
Perbedaan harga dapat terjadi karena letak lokasi, misal desa dan kota.

6)  International Price
Harga produk impor belum tentu murah bila dibandingkan dengan produk local, dan sebaliknya.


Nama: Dwi Sri Hartati
Nim: 1445096089
Manajen Pendidikan NR 2009

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: