kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan (Marketing Mix)

Kompetensi 6. Memahami Bauran Pemasaran Jasa pendidikan

Marketing Mix yaitu konsep pemasaran dalam upaya mencapai keuntungan dan keberhasilan perusahaan. Unsur-unsur dalam konsep ini diantaranya Product, Price, Place dan Promotion.
Product terbagi menjadi dua macam yaitu
Consumer product adalah suatu barang yang dinikmati sendiri, misalnya mengenakan pakaian, menggunakan handphone dan notebook. Consumer Product terdiri dari Convience yaitu pembelian barang secara berkala, Shoping product yaitu pemilihan barang sebelum dibeli (melakukan survey), Speciality product yaitu pembelian barang special/unik pada saat keadaan dan waktu tertentu misal membeli ketupat, kue saat lebaran, pada bulan februari barang dengan hiasan valentine. Unsought Product yaitu membeli barang karena ikut-ikutan atau karena mengikuti Trend.
Industrial product adalah pembelian barang untuk kepentingan bisnis.

Beberapa  alasan orang dalam membeli barang diantaranya:
Product attribute yaitu kualitas yang dihasilkan, mudah dalam mengoperasikan, dan memperbaikinya. Memberikan features yang menarik, dari segi design, dan lain sebagainya.
Brand (merek/Sign, name) misal orang lebih memilih produk yang sudah mempunyai nama diantaranya HP merek Nokia/Samsung, Laptop merek Acer/Apple, terdapat Brand equity, Brand Sponsor, dan Co Brand misal : Danone—Aqua
Packaging yaitu bentuk kemasan yang menarik akan lebih banyak orang untuk tertarik dan mencoba membeli product tersebut. Container/Wrapper.
Label, misal jika kita membeli minum air gelas, banyak yang menyebutkan merek aqua padahal merek yang ada vit. Membeli odol, menyebutkan merek pepsodent padahal merek tidak hanya itu saja. Contoh lain, kita menyebutkan busway, padahal nama sebenarnya seharusnya transjakarta.
Product support servise, Misal jika membeli Hp BlackBerry terdapat tempat servise jika sewaktu-waktu ada kerusakan. Beli motor, jika motornya rusak atau memerlukan sparpart bisa terdapat di bengkel.

Dwi Sri Hartati
1445096089
MP NON REG 2009

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: