kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Distribusi, Franchaise, dan MLM Jasa

Universitas Negeri Jakarta, 13 Mei 2011
 
Kompetensi 9. Memahami Distribusi, Franchaise, dan MLM Jasa


          Perkuliahan manajemen pemasaran dan jasa pendidikan hari ini tak seperti biasa, hari jum’at pukul 09.00. perkuliahan sudah dimulai karena adnya kesepakatan untuk menambah jadwal kuliah ini. Kali ini Bapak Amril menjelaskan mengenai distribusi dan Marketing Promotion Communication. Alur penjualan produk sebagai berikut; Place- Distribusi Product- Konsumen. Berikuty akan saya dijelaskan lebih lanjut.
Beberapa cara yang dilakukan dalam pendistribusian produk, diantaranya:
1. Langsung, produsen menjual produknya secara langsung kepada para konsumen. Contoh toko, outlet. Hak milik dapat berupa milik sendiri/sewa. Untuk dibidang pendidikan biasanya menggunakan brosur.

2. Intermediate, yaitu produsen menjual produknya kepada para konsumen dengan pihak ke-3, melaluiagen, supermarket, dan toko (biasanya milik pihak ke-3)

3. Hybrid (campuran),berupa pendistribusi langsung dan Intermediate. Contohnya; perusahaan nokia yang menjual barangnya sendiri dengan Nokia Center dan Agen-agen handphone dibeberapa tempat.

4. Tele-marketing, cara menjual produk dengan menggunakan jaringan telepon diantaranya Bank, Kartu Kredit, Asuransi, Agen Pulsa.

5. MLM (Multi Level Marketing), penjualan product dengan sistem manajer dan bawahan-berjenjang.

6. E-commerce(informasi product di internet),mempromosikan produk dengan cara menggunakan media online, misalnya dikaskus.com, Toko Bagus.com

“Penggunaan Distribusi tergantung nilai jual/beli barang” kata beliau

Beberapa alasan dalam memilih saluran distribusi, diantaranya:
  1.  Efisiensi Biaya
  2. Fokus terhadap produksi yang dihasilkan
  3. Kualitas barang dan jasa
  4. Sumber Daya ManusiaSemakin banyak pegawainya- membutuhkan gaji, pengeluaran akan semakin banyak juga belum tentu pendapatan/barang terjual habis.
  5.  PergudanganPrinsip dalam pendistribusian adalah Bagaimana mendekati pelanggan/ pembeli.

Franchaise?
kata ini sudah pernah terdengar di telinga saya namun belum mengetahui apa itu Franchaise?
Menurut

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: