Perkuliahan pada pertemuan ke empat hari senin, 26 September 2011. Bpk. amril Muhammad SE., M.Pd. selaku Dosen mata kuliah manajemen diklat. Di ruang 306 Fakultas Ilmu Pendidikan, UNJ. Beliau akan menjelaskan tentang Training Design and Evaluation Model
Alasan mengapa sering diadakannya pelatihan dalam suatu perusahaan, yaitu:
1. Ada kesenjangan antara kinerja aktual dengan kinerja ideal (kinerja sebenarnya -> kinerja seharusnya) Misalnya pelatihan kedisiplinan
2. Adanya karyawan baru yang memerlukan penyesuaian kerja.
3. Adanya teknologi baru yang lebih spesifikasi, misal dari tidak ada menjadi ada atau ada teknologi yang lebih canggih dari sebelumnya
4. Membangun budaya perusahaan (coorporate culture), diantaranya brand, logo slogan
5. Adanya promosi yaitu kenaikan jabatan misal dari staff menjadi pimpinan/ manajer
Adanya Mutasi yaitu perpindahan tempat kerja pada jenjang yang setara
Bagaimana cara mendesain pelatihan? Perlu dilakukan beberapa hal untuk mendesain suatu pelatihan, diantaranya adalah
I. Identifikasi kebutuhan (need identification)
1. Identification of problem
2. Analysis of occupation
3. Identification of target population
4. Analysis of training need
Cara Mengetahui problems-> kebutuhan
· Melakukan survey
· Pengamatan secara langsung atau dari pemimpin
II. Objective Setting
1. Determination of entry requipment (syarat mutlak)
2. Setting of training objectives-> sasaran
3. Design of test -> jangan sampai sudah diketahui oleh peserta
4. Validation of objectives
III. Instruction design
1. Design of instruction
2. Testing of instructional material
3. Production of instructional material
IV. Implementation
1. Planning of training facilities
2. Selection and training of course instructors
3. Selection of trainerss, ex: biaya yang dikeluarkan
4. Conduct of training, ex: waktu, tempat, trainer, instructors siap
V. Evaluation
1. Analysis of achievement or objectives
2. Analysis of trainer job performance
3. Calculation of cost effectiveness of project
0 komentar:
Posting Komentar