kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Reportase 3- Kurikulum, Manajemen Diklat

JAKARTA, Hari Senin (10/10/2011) perkuliahan Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) membahas tentang penyusunan kurikululum.


Bapak Amril Muhammad selaku dosen mata kuliah Manajemen Diklat hari ini memulai perkuliahan pukul 08.30 WIB, di ruang 306 FIP, UNJ. Beliau menjelaskan mengenai langkah menyusun Kurikulum (rencana pembelajaran). Sebelum para mahasiswa ditugaskan untuk membuat kurikulum yang akan digunakan dalam diklat untuk salah satu jabatan yang sudah dipilih (kelanjutan tugas minggu lalu). Dosen menguraikan hal apa saja terkait kurikulum yang akan dibuat.


Hal pertama dalam menyusun kurikulum yaitu menentukan kompetensi, adalah kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta diklat. Kompetensi terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompetensi utama, pendukung, dan lainnya.


Setelah sedikit menjelaskan beliau menyuruh mahasiswa untuk membuat kurikulum, dengan sistematika nama jabatan; uraian tugas, kompetensi, mata diklat beserta jam pelajarannya.


Namun, ketika jam pelajaran hampir selesai, teman-teman mahasiswa sebagian besar masih belum selesai mengerjakan (alias masih bingung). Akhirnya diputuskan untuk mengerjakan dirumah dan keesokannya harus dikumpulkan dalam bentuk print out.


Sekian reportase kali ini.
~ Bersambung ~

Dwi Sri Hartati
1445096089
Manajemen Pendidikan NR09

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: