kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SEGMENTASI DAN TARGETING PASAR

               Kompetensi 4. analisis segmentasi dan targeting pasar  jasa

Rabu, 23 Maret 2011 at 13. 05 WIB

Perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan pada pertemuan ke-4 kali ini menganalisis segmentasi dan targeting pasar jasa. Seperti yang telah dibahas oleh bab sebelumnya bahwa prinsip pasar adalah tempat bertemunya pembeli potensial dengan penyedia produk. Berikut beberapa prinsip dalam pasar, diantaranya:
1.    Mass Marketing yaitu penjualan dalam skala besar, seperti produk coca cola. Siapa saja diharapkan mampu membeli, dikarenakan harga relatif murah.
2.    Product Variety Marketing yaitu adanya variasi/ciri khas dalam sebuah produk. Beberapa yang membedakan diantaranya dari features, style, size, dan kualitas.
3.    Target Marketing yaitu adanya perencanaan awal sasaran kepada siapa produk akan dijual/dipasarkan.
Segmentasi pasar adalah membagi/memecah pasar, mengkelompok-kelompokan pembeli , membedakannya dengan beberapa perilaku dan karakteristik. Yang dilakukan adalah;
1.    Mengidentifikasi dasar segmentasi
a.  Geografis segmentation
Membagi pasar dengan perbedaan diantaranya; 1) nation (bangsa), dimana proses penjualan barang akan dilakukan dalam negeri dan/atau luar negeri, 2) state (Negara), melihat beberapa aturan yang ada dalam sebuah negara, 3) region (wilayah) dimana produk yang akan dipasarkan akan sampai pada wilayah tertentu, dan 4) city/village, dimana segmentasi pasar kota lebih mudah dijangkau, dibandingkan di desa.

b.  Demografis
1)   Usia, misal produk susu yang ditawarkan setiap usia pertumbuhan anak-anak berbeda. Hal ini menyebabkan usia mempengaruhi proses segmentasi pasar.
2)   Gender, berdasarkan female atau male.
3)   Family Size, adanya perbedaan jumlah setiap keluarga. Misal orang yang memiliki keluarga banyak akan memilih mobil dengan kapasitas ukuran yang sesuai.
4) Family Recycle
5)   Income (pendapatan), pendapatan baik di desa maupun di kota terdapat perbedaan. Maka orang kelas menengah keatasseringnya membeli sebuah produk Karen jumlah pendapatan yang lebih.
6)   Occuppation, dilihat adanya kedudukan atau jabatannya di dalam pekerjaan
7)   Pendidikan, orang yang berpendidikan keatas akan lebih menimbang-nimbang produk yang akan dibeli sesuai dengan yang dibutuhkan.
8) Agama

c.  Sycografis
-          Kelas sosial, terbagi menjadi beberapa kelas, seperti kelas bawah, menengah, atas, dll
-          Life style, gaya hidup orang berbeda ada yang sederhana, glamour, dll
-          Personality

d.  Behavior (perilaku)
1) Benefit, adanya azaz manfaat dalam membeli produk, 2)  Status penggunaan, sering tidaknya digunakan, 3) Persiapan konsumen, 4) Sikap terhadap produk, 5)Positive/negative, 6) Relations Buyer, 7) Bagian Hunter-> diskon, 8) Transaction buyer->tidak lama membeli-belinya.

Dwi Sri Hartati (1445096089)
MP NonReg ‘09


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: