kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KONSEP DASAR JASA

Reportase perkuliahan ke-2 mata kuliah manajemen pemasaran jasa pendidikan. Seperti biasa perkuliahan dimulai jam 13.00 WIB, di ruang 307. Materi kuliah kali ini membahas tentang "Konsep Dasar Jasa" dengan beberapa indicator yang harus dipahami.
     Definisi jasa itu sendiri adalah suatu aktivitas atau serangkaian kegiatan dimana terjadinya interaksi dengan manusia maupun mesin guna disediakan untuk memuaskan pelanggan.
Customer satisfaction merupakan motto bagi produsen jasa dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal ini sangat dipengaruhi oleh adanya interaksi antara produsen dengan customer.

Beberapa karakteristik jasa diantaranya:
  1. Abstrak(Tidak Berwujud)
  2.  Tidak bisa disimpan
  3. Distribusinya bersifat langsung, dari produsen ke konsumen
  4. Jasa dibeli dan dikonsumsi pada waktu yang sama.


Para produsen jasa memiliki beberpa kiat-kiat kunci sukses dalam bisnis jasa, yaitu:

1.  Renewing (pembaharuan)
Dengan meningkatnya perkembangan zaman saat ini, jasa yang ditawarkan oeh produsen harus diperbaharui guna memberikan kenyamanan dan kepuasan customer.

2.  Localizing Servise Point (lokalisasi tempat-tempat pelayanan)
Dengan memberikan kemudahan customer menjangkau jasa yang dibutuhkan dan diinginkannya. Misal jasa yang diberikan bank yaitu mengijinkan para nasabahnya untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia dengan alat elektronik ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sewaktu-waktu mereka membutuhkan uang dimana bank tidak buka selama 24 jam. ATM dapat di temukan di restoran, mall, bandara dan market.

3.  Leverage Contract (Kontrak Persetujuan)
   Adanya kesepakatan antara produsen dengan customer diawal dalam pemberian pelayanan yang terbaik. misalnya dengan card member, akan mempermudah customer mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan semakin banyak keuntungan.

4. Power of Information (Kekuatan Informasi)

Memanfaatkan alat informasi dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu promosi pemasaran yang baik agar jasa yang diproduksi segera dapat di distribusikan kepada customer.

5. Strategic Value (Strategi Penilaian)
Produk yang dihasilkan harus dapat membedakan dengan produk jasa yang lainnya. Ini merupakan strategi agar customer tertarik dengan jasa yang dihasilkan. Diharapkan customer tidak berpindah kelain hati. Strategi yang lain juga dapat di berikan kepada customer dengan membuat membership dan memberikan diskon jasa kepada customer.




Dwi Sri Hartati
1445096089
Manajemen Pendidikan non reg 2009

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: