kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN

Perkuliahan untuk mata kuliah manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dimulai pertama kalinya, pada hari rabu, 23/02/2011. Mata kuliah ini diampu oleh Bapak Amril Muhammad, SE ,M.Pd. Perkuliahan dimulai jam 13.00 WIB berakhir sekitar pukul 14.30 WIB di ruang 306 dengan topik pembahasan pertamanya adalah mengenai "Konsep Dasar Manajemen Pemasaran”.

Adanya permintaan dari pembeli untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya menyebabkan terjadinya pasar sehingga beberapa produsen berlomba-lomba untuk memproduksi dan menawarkan produk sesuai yang diharapkan melalui pertukaran.
Hukum permintaan dan penawaran yang tercipta yaitu Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak, penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk menemukan apa yang diinginkan dari pembuatan produk melalui pertukaran.
Hal ini dapat diartikan adanya suatu upaya mempertemukan kebutuhan dan keinginan masayarakat.

Berikut hal yang berkaitan dengan pemasaran diantaranya:
 Produk
Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi, sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
 Servise (Jasa)
Merupakan pemberian pelayanan yang dilakukan oleh person berupa fisik atau kompetensi, misal pelayanan tempat, organizing, idea. Jasa itu tidak nyata, maka tidak dapat disave. Ia harus dibeli terlebih dahulu baru diproduksi.
 Transaksi
Terjadi antara 2 pihak yang disebabkan oleh adanya value (nilai) and agree (persetujuan). Ketercapaian persetujuan mengenai pertukaran yang telah disepakati. Persetujuan yang dimaksud ada kaitannya dengan a time of (waktu) dan place of agreement (Tempat).

Beberapa konsep yang terdapat dalam pemasaran
1) Production Concept (Konsep Produksi)
Customer (konsumen) akan senang jika produk tersedia dimana-mana dengan harga terjangkau. Dengan demikian diperlukan adanya pengembangan produk dari produsen, manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi.

2) Product Concept (Konsep Produk)
Customer akan meyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kemasannya bagus dan bersifat paling inovatif. Dengan demikian produsen harus mencurahkan energi untuk terus-menerus melakukan perbaikan produk.

3) Selling Concept (Konsep Penjualan)
Strategi produsen dengan menjual produk kepada konsumen dengan memberikan produk selengkap mungkin dan skala penjualan yang lebih besar. Seperti supermarket yang mulai menjamur saat ini.
Konsep ini ada keterkaitan dengan price concept (konsep harga) yaitu adanya diskon / potongan harga jika konsumen membeli produk dengan skala yang banyak.

4) Marketing Concept (Konsep Pemasaran)
Konsep ini diberikan bertujuan untuk menciptakan kepuasan customer terhadap produk yang didapatkannya, yang didasari atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan mereka

5) Social Marketing Concept (Konsep Pemasaran Sosial)
Konsep ini menggunakan cara pemasaran yang berimplikasi terciptanya kesejahteraan masyarakat. Produk diproduksi dengan konsep ramah lingkungan, harga terjangkau bagi para customer, barang produksi terjual dengan baik dan lancar. Oleh karena itu adanya simbiosis mutualisme semua pihak yang terlibat di dalam pasar.

Dapat disimpulkan bahwa inti dari sebuah pemasaran adalah komunikasi. Semua hal yang akan dipasarkan harus dengan baik. Pemasaran tidak hanya ada dalam kajian ekonomi saja, dunia pendidikan membutuhkan pemasaran yang baik agar pemula dan lulusan sekolah dapat ditempatkan sebaik mungkin.


Dwi Sri Hartati
Manajemen Pendidikan NonReg'09

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: