kuliah........ Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pertanyaan dan Jawaban UAS ManDik

1.      Mengapa Teknikal skills training perlu diadakan?
Teknikal skills merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan, metode, teknik, dan peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tertentu yang diperoleh dari pengalaman, pendidikan dan training. Pelatihan adalah salah satu usaha dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia. Karyawan, baik yang baru ataupun yang sudah bekerja perlu mengikuti pelatihan karena adanya tuntutan pekerjaan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja, strategi, dan lain sebagainya. Melalui pelatihan, para pekerja akan menjadi lebih trampil dan karenanya akan lebih produktif.

2.      Bagaiamana peran presentasi dalam proses mempengaruhi pelatihan?
Presentasi adalah sebuah alat yang menarik yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Jika peserta berhasil menyerap materi yang diberikan, selanjutnya lihat perubahan perilaku. Jika materi tersebut dipraktekkan, maka skill dan pengetahuan peserta akan berkembang dan menjadi makin mahir. Peserta menjadi makin efektif dalam melakukan tugasnya. Lihat apakah peserta mempraktekkan materi yang diberikan. Jika tidak dipraktekkan, maka percuma saja sebab tidak terjadi perubahan perilaku

3.      Bagaiamana Sikap yang harus dilakukan seseorang sebelum melakukan presentasi?
Untuk memastikan bahwa pelajar mengerti dan setuju dengan tujuan didirikan untuk lokakarya. Tujuan ini dapat dicapai dalam beberapa cara. Salah satunya adalah posting tujuan kursus di dinding, membahas mereka satu per satu, dan menyetujui untuk merujuk kepada mereka melalui-out presentasi. Cara lain adalah dengan jajak pendapat para peserta tentang apa yang mereka harapkan untuk keluar dari kursus, merumuskan daftar tujuan, membandingkan mereka dengan Anda, dan membuat daftar konsensus. Apapun metode yang Anda pilih, sangat penting bahwa Anda menjadi akrab dengan tujuan presentasi Anda menyatakan dan dapat menjelaskan pada mereka tanpa harus membaca dari manual, evaluasi saja, atau catatan.
Berikut langkahnya, yaitu;
a)        Pratinjau materi
b)        Praktek presentasi Anda
c)         Siapkan lingkungan
d)        Siapkan penonton
e)        Hadir materi kursus

4.      Bagaiamana keterampilan presentasi yang baik itu?
Keterampilan presentasi yang baik, yaitu:
a)        Jangan membaca dari catatan, menyajikan bahan.
b)        Jangan meminta maaf
c)         Bersikaplah fleksibel
d)        Dapatkan pelajar yang terlibat
e)        Bicaralah untuk mendengar
f)          Gunakan humor yang tepat.
g)        Gunakan pengalaman pribadi saat yang tepat.
h)        Memfasilitasi bukan mendominasi

5.      Bagaiaman cara mengetahui seberapa besar peserta mendapatkan pembelajaran dari program training?
Proses belajar ini didefinisikan sebagai “apa prinsip-prinsip, pengetahuan, teknik atau skill yang berhasil dipelajari” pada saat mengikuti training. Ini dilakukan setelah mengikuti training. Tanya kepada yang bersangkutan, apa saja yang dipelajari. Minta yang bersangkutan untuk melakukan presentasi mengenai materi yang diberikan. Cara ini cukup efektif untuk mengetahui seberapa besar peserta mendapatkan pembelajaran dari program training. Jika peserta memahami materi yang diberikan, maka peserta akan mampu menjelaskan atau mempresentasikannya kembali. Jika peserta tidak memahami, pasti tidak mampu menjelaskan apalagi mempresentasikannya kembali.

6.      Technical training membutuhkan consulting? Apa fungsinya?
Jika akan mempekerjakan seorang konsultan, kita harus mengetahui mengapa itu diperlukan. Beberapa alasan diantaranya adalah
·         Konsultan memiliki keahlian tertentu yang Anda tidak dapat selalu mampu untuk menjaga sekitar waktu penuh.
·         Menggunakan konsultan menawarkan fleksibilitas untuk menyesuaikan perubahan beban kerja.
·         Menggunakan konsultan dapat mengurangi hutang dokumen manajerial.
·         Keuangan organisasi sering membatasi jumlah pegawai, dan mungkin satu-satunya cara untuk menyelesaikan sesuatu.
Namun apapun alasannya, pastikan ketika Anda membawa pada konsultan, kedua belah pihak jelas tentang mengapa konsultan sedang dibawa dan apa manfaat mereka akan memberikan kepada organisasi. Untuk pelatihan teknis, pastikan untuk mengklarifikasi apakah peran konsultan adalah salah satu pakar ahli isi atau proses. Apakah Anda mengharapkan konsultan untuk mengetahui tentang topik atau apakah Anda mengharapkan seorang ahli dalam desain dan pengembangan, atau keduanya?

7.     Mengapa perlu mempromosikan keberhasilan proyek?
Promosi merupakan kunci keberhasilan proyek. Apabila proyek berhasil dilaksanakan maka dapat dipromosikan kepada khalayak terutama internal organisasi. Dengan adanya promosi maka semakin dikenal oleh masyarakat luas bahwa organisasi tersebut bagus, sehingga mendapatkan penghargaan langsung dari masyarakat berupa pujian, organisasipun akan semakin dikenal, dan mampu meningkatkan kinerja sumber daya yang ada, sehingga tujuan organisasi akan tercapai dengan baik.
8.      Mengapa mengelola proyek pelatihan memerlukan pemahaman menyeluruh tentang keterampilan manajerial?
Karena manajemen adalah cara untuk menata atau mengatur orang, agar lembaga pendidikan berjalan efektif, efisien dan dinamis. Lembaga yang dikelola dengan baik akan melahirkan kemajuan. Sehingga dengan adanya sistem manajemen diharapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tingkat kemajuan lembaga pendidikan, dapat dilihat bagaimana pelaksanaan manajemennya.
Proses mengatur seluruh kegiatan pelatihan dalam pencapaian tujuan pendidikan melalui orang lain dengan Analisis, deisgn, pengembangan, pengiriman, dan evaluasi pelatihan teknis.

  1.       Apa yang mempengaruhi sebuah training dapat dikatakan efektif?
Hasil pelatihsan menunjukkan adanya manfaat atau pencerahan yang didapatkan dari program training. Semua training yang diberikan kepada bawahannya pasti mengeluarkan biaya, membutuhkan waktu dan memerlukan effort.
Sebagai investasi jangka panjang pada sumber daya manusia, tentu perusahaan mengharapkan hasil dari program training. Jika tidak memberikan hasil atau keuntungan, perusahaan tidak akan mau mengirimkan karyawannya untuk mengikuti training. Lihat hasilnya, apakah training peserta memberikan dampak pada keuntungan perusahaan. Ini bisa diukur dari besarnya biaya yang berhasil ditekan, besarnya profit yang diperoleh, atau peningkatan kapasitas produksi.

10.       Mengapa saat presentasi diperlukan respon pembelajar?
Untuk menjaga pembelajar aktif dan untuk memfasilitasi belajar materi yang disajikan.
Fungsi respon pembelajar diantaranya:
a)             Peningkatan pembelajaran
b)             Peningkatan bunga
c)             Motivasi
d)             Mempertahankan perhatian
e)             Penyuburan
f)              Mendapatkan masukan pembelajar
Cara Mendapatkan Belajar Terlibat, melalui:
·      Pertanyaan
·      Kuis
·      Demonstrasi oleh pelatih
·      Demonstrasi oleh pembelajar
·      Kelompok diskusi
·      Latihan kelompok dan / atau proyek
·      Permainan
·      Bermain peran
·      Studi Kasus

Dwi Sri Hartati
1445096089
MP NR 09




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Reportase 10- Pertanyaan (UAS)


JAKARTA, Hari Senin (19/12/2011) perkuliahan Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) ~ Membuat Pertanyaan UAS
            Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd selaku dosen mata kuliah Manajemen Diklat sekitar pukul 08.00 WIB, di ruang 306 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.
Pada pertemuan sebelumnya, Bapak Amril meminta kepada mahasiswa untuk membuat 10 pertanyaan dari buku hasil translate masing-masing mahasiswa. Hari ini beliau merevisi hasil tugas setiap mahasiswa. Setelah dilakukan pengecekan tiap pertanyaan. Masih banyak yang salah, dikarenkan setiap pertanyaan tidak mengandung unsure Bagaimana dan Mengapa. Oleh karena itu, beliau meminta untuk segera di perbaiki dan nantinya akan di cek kembali. Apabila sudah benar maka diberi tanda paraf.
Tugas pertanyaan nantinya akan dikumpulkan minggu depan untuk bahan pertanyaan UAS Manajemen DIKLAT. Perkuliahan telah usai. Sekian reportase saya kali ini.

Dwi Sri Hartati
1445096089
Manajemen Pendidikan NonReg’09

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Reportase ke-9- Evaluasi tugas manajemen DIKLAT

JAKARTA, Hari Senin (12/12/2011) perkuliahan Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) ~ evaluasi tugas penganggaran DIKLAT.
          Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd selaku dosen mata kuliah Manajemen Diklat seperti biasa kelas masuk pukul 08.00, namun hari ini beliau memulai perkuliahan pukul 08.30 WIB, di ruang 306 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.
          Bapak Amril memulai perkuliahan dengan memeriksa tugas Rincian Anggaran Pelatihan setiap tugas masing-masing mahasiswa. Entah sepertinya setelah beliau melihat hasil tugas kami, sangat kecewa karena banyak mahasiswa melakukan kesalahan membuat rincian penganggaran.
          Namun hari ini beliau tidak bisa memenuhi tatap muka perkuliahan dengan selesai, dikarenakan menghadiri undangan dari kampus. Beliau meminta pengganti hari untuk memeriksa tugas anggaran kami seluruhnya. Hari Kamis (15/12/2011) yang telah disepakati bersama, bertempat di ruangan Kajur MP. Beliau memeriksa tugas dengan 5 orang masuk keruangan secara bergantian. Kemudian kami diberitahu bahwa tugas kami masih ada kesalahan terutama di rincian honor.
beliau meminta untuk segera menyelesaikan tugas dengan benar dan baik. Tugas dikumpulkan hari Senin berikutnya, dengan penambahan tugas membuat 10 pertanyaan untuk UAS dari hasil translate buku pada awal perkuliahan.

Dwi Sri hartati
1445096089
Manajemen Pendidikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS